Rabu, 15 April 2009

KREATIFITAS
DALAM KEPEMIMPINAN DAN PROFESI
Oleh: Maswan

Dalam kehidupan biasa atau kehidupan usaha, pemikiran kreatif sangat penting bagi kepemimpinan. Meskipunseorang eksekutif mempunyai pendapat yang bijaksana pada apa-apa yang diputuskannya, tetapi ia tidak dapat hanya menjadi seorang hakim saja. Ia harus unggul dalam bernalar. Dan juga perlu mengakui pentingnya nilai kreatifitas dan pengetahuan cara untuk menarik dan mendorong kekuatan kreatif dan asosiasinya.
Seorang pemimpin usaha, harus menggabungkan antara pemikiran kreatif dengan pemikiran kebijaksanaan dalam mengambil keputusan untuk mendapatkan jawab yang lebih meyakinkan dari keputusannya, diharapkan dapat memanfaatkan dalam mengambil keputusan dari pengalaman orang lain. Dan dapat menemukan cara untuk mendapatkan keputusan hasil dari penggabungan melalui konferensi dan survey. Juga dapat menemukan cara untuk menempatkan persoalan pada tes aktual.
Pemimpin yang Berhasil, Memerlukan Kreatifitas
Eksekutif tinggi yang ideal adalah seorang pimpinan dan sekaligus pealtih yang kreatif. Ia mengusahakan kreatifitas dari orang-orang disekitarnya dan berusaha mengembangkannya. Dari semua hal di atas, ia pasti merasakan hal yang sesungguhnya karena kekuatan ide.
Ide itu banyak dan mudah didapat. Kita tidak hanya dapat menerima ide, tetapi juga membuat kita merasa bahwa apa yang paling diinginkan, merupakan suatu yang benar berguna dari imajinasi kreatif.
Dalam dunia perusahaan persaingan perlu kreatifitas. Untuk kemjuan managemen, perlu menekankan masalah tanggungjawab anggota, hal ini agar dapat tercipta situasi yang mendukung kreatifitas. Seorang manajer harus belajar menemukan kreatifitas sendiri dalam dunianya sendiri. Kemampuan memimpin dalam mengadaptasi kondisi yang baru dan berubah-ubah memerlukan pemikiran yang lebih luas dari pada pemikiran dimasa-masa sebelumnya. Tentu saja, suatu organisasi dapat mempertimbangkan kapasitas yang baik untuk pemikiran kreatif. Ini merupakan suatu modal yang paling berharga.
Semangat juang merupakan hasil sampingan yang berharga bila dimasukkan secara kreatif. Di dalam suatu organisasi staf diharapkan berpartisipasi secara kreatif dalam pengembangan program kreatifitas yang terkoordinir. Dengan cara menyedarkan setiap pegawai bahwa secara pribadi dapat membantu dalam pembinaan para pegawai. Hal ini dapat ditempuh dengan cara open forum dan diskusi, pemecahan masalah dan berkonferensi.
Pada sisi lain salah satu kebutuhan bisnis yang besar adalah untuk menggairahkan kekuatan kreatif. Kita yang banyak menghadiri konferensi, tetapi sering tergoda untuk menggunakan imajinasi hanya ingin mengetahui reaksi dari daya asosiasi, maka hasilnya kurang berguna. Tendensi yang tidak kreatif seperti itu, seringkali dapat diatasi dengan pemberian dorongan seperti di atas.
Para pemimpin yang sudah berpengalaman, harus berhati-hati terhadap pengalamannya, sebab dapat membuat sinis terhadap ide-ide yang secara spontan atau sepintas lalu yang tampaknya tidak memberi harapan. Untuk itu sebagai pimpinan harus mempunyai jangkauan pemikiran luas dan mau menerima saran dan kritik demi kebaikan.
Untuk mengembangkan usaha, perlu banyak ide yang perlu dimunculkan. Untuk menggalai kesalahan dengan ingin memperbaiki sistim kerja, perlu adanya saran dan kritik. Hal ini dapat ditempuh dengan cara disediakan kotak saran. Dengan cara ini, pekerja didorong untuk mengajukan idenya demi kebaikan dan setiap saran yang diterima akan dapat penghargaan yang khusus. Ini tampaknya seperti bisnis ide, tetapi juga perlu dikembangkan di perusahaan atau instansi yang ingin maju.
Kreatifitas dalam Profesi
Imajinasi merupakan salah satu sumbangsih keberhasilan pengembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi.
Praktek kedokteran merupakan tantangan yang terus menerus bagi imajinasi. Dalam diagnosis, seorang dokter harus memiliki berbagai alternatif yang memungkinkan dalam penyembuhan pasiennya. Meskipun seorang dokter dapat bersandar pada alat dan prosedur testing yang telah ditemukan oleh pemikiran kreatif orang lain, tetapi tidak akan dapat mendiagnosis dengan buta tanpa harus memaksa dari menemukan beberapa hipotesis yang mengarah pada diagnosisnya.
Seorang dokter atau ahli bedah akan selalu menyadari bahwa kemajuan yang cemerlang dari dunia bedah dalam tahun-tahun terakhir ini, sebagian besar berasal dari usaha para pembaharu yang kreatif. Hal ini menuntut pada dokter secara terus menerus perlu menggunakan imajinasinya untuk orang lain dalam menolong para pasiennya.
Dokter yang merawat anak-anak mempuyai kebutuhan khusus tentang imajinasi dalm hubungan dengan pasien-pasiennya.
Dalam kegiatan merawat imajinasi yang kreatif juga meminta peran penting. Dengan alasan ini, maka sekolah perawat perlu memasukkan unsur kreatifitas dalam pengajrannya.
Bagaimana dengan penceramah agama? Dapatkah kita membayangkan usah kreatif yang harus dipersiapkan untuk khotbah baru dalam setiap minggunya?
Guru yang baik adalah yang mempunyai pemikiran kreatif. Semua yang dikatakan guru, diharapkan berbentuk ibarat atau analog. Hl ini akn memberikan hasil yang baik untuk mendidik anak dengan menggunakan cara tersebut.
Pada prinsipnya hampir disetiap bidang pekerjaan profesional memerlukan kreatifitas. Bidang jurnalistik, polotik, kemiliteran dan sebagainya perlu kerja imajinasi dan kreatifitas. Dengan demikian, saat ini perlu adanya pendidikan kreatif.


Maswan, dosen, Pembatu Dekan (PD III) Fakultas Tarbiyah INISNU Jepara


IDENTITAS PENULIS:

Nama : Maswan
Tempat/tgl lahir : Jepara, 21 April 1960
Pekerjaan : Dosen
Pendidikan : S2 Magister Manajemen
Alamat Rumah : Jerukwangi RT 01/RW VII Bangsri Jepara 59453
Alamat Kantor : INISNU Jepara, Jl. Taman Siswa (Pekeng)Tahunan Jepara
Kontak person : 081325702426, Email. Maswan.drs@7gmail.com
Pengalaman menulis: 1. Menulis beberapa artikel dan resensi buku yang terbit di bebepa surat kabar.
2. Menulis beberapa judul buku
Pengalaman bidang Jurnalistik:
1. Pernah menjadi Wartawan dan pengelola surat kabar kampus IKIP Malang.
2. Ketua penyunting Jurnal Ilmih Fakultas Tarbiyah INISNU Jepara




IDENTITAS PENULIS:

Nama : Maswan
Tempat/tgl lahir : Jepara, 21 April 1960
Pekerjaan : Dosen
Pendidikan : S2 Magister Manajemen
Alamat Rumah : Jerukwangi RT 01/RW VII Bangsri Jepara 59453
Alamat Kantor : INISNU Jepara, Jl. Taman Siswa (Pekeng)Tahunan Jepara
Jln. Taman Siswa (Pekeng) No. 9 Tahunan Jepara Telp/Fax (0291)593132.E-mail:inisnujpa@yahoo.co.id,http\\ www.inisnujepara.ac.id
Kontak person : 081325702426, email: maswan.drs@7gmail.com
Pengalaman menulis: 1. Menulis beberapa artikel dan resensi buku yang terbit di bebepa surat kabar.
2. Menulis beberapa judul buku
Pengalaman bidang Jurnalistik:
1. Pernah menjadi Wartawan dan pengelola surat kabar kampus IKIP Malang (Universitas Negeri Malang).
2. Ketua penyunting Jurnal Ilmih Fakultas Tarbiyah INISNU Jepara




Tidak ada komentar:

Posting Komentar